HMPS Fisika Sukses Gelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah

Oleh: Jafar La Kilo . 13 Juni 2021 . 21:05:37

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fisika sukses melaksanakan Workshop Penulisan Karya Ilmiah dan Metode Karakterisasi Material, Sabtu, 12 Juni 2021. Kegiatan yang diselenggarakan di Kampus 4 Bone Bolango ini merupakan implementasi dari salah satu program kerja HMPS Fisika. 

Kegiatan yang dihadiri sejumlah dosen Jurusan Fisika ini mendapat dukungan dari pimpinan FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

"Saya sangat mendukung kegiatan-kegiatan HMPS seperti ini karena selain untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, juga merupakan kegiatan yang mendukung salah satu dari delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk mengukur capaian Perguruan Tinggi kita," Ungkap Wakil Dekan III Dr. Abdul Haris Odja, M.Pd saat memberikan sambutan.

Selain itu, beliau juga mendorang mahasiswa untuk aktif melakukan kegiatan yang serupa.

"Harapannya kegiatan-kegiatan seperti ini terus dikembangkan sehingga mahasiswa memiliki skill baik dalam menyusun tugas akhir serta mengikuti bebagai ajang kompetisi karya ilmiah seperti Program Kreativiatas Mahasiswa (PKM), PHP2D dan lain-lain," Harapnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Fisika Abdul Wahidin Nuayi, S.Pd., M.Si mengungkapkan bahwa Jurusan dan Prodi akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini dan mengharapkan agar kegiatan pelatihan bidang lainnya juga akan segera menyusul mengingat bahwa pada Prodi Fisika terdapat empat bidang kajian yakni, Bidang Kajian Sistem kompleks; Bidang Kajian Instrumentasi, Bidang Kajian Komputasi, dan Bidang Kajian Mateial.

"Hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa agar memiliki skill yang mumpuni dan dengan bekal skill tersebut, manfaatnya tidak hanya semasa dibangku kuliah saja namun juga untuk jangka panjangnya setelah lulus nanti mampu bersaing dengan lulusan dari berbagai Perguruan Tinggi lainnya," Ujarnya.

Kegiatan yang menarik antusias mahasiswa fisika ini menghadirkan dosen muda Prodi Fisika sebagai narasumber. Materi pertama, Penulisan Artikel Ilmiah dibawakan oleh Muhammad Yunus, S.Si., M.Si. Teknik Penyajian Data sebagai materi kedua disampaikan oleh Muh. Fachrul Latif, S.Si., M.Si. Sementara itu, materi seputar karakterisasi material disampaikan oleh Idawati Supu, S.Si., M.Si dan A. Indra Wulan Sari Ramadani, S.Si., M.Si dengan topik masing-masing Teknik Analisis Data X-Ray Fluorescence (XRF) dan Scanning Electron Microscope (SEM) dan Teknik Analisis Data X-Ray Diffraction (XRD) Menggunakan Software Match.[]

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023