Mahasiswa FMIPA Kembali Buat Kejutan di KDMI 2024 Tingkat Universitas

Oleh: Jafar La Kilo . 24 April 2024 . 15:47:36

Dicky Rahmansyah S. Tone, seorang mahasiswa semester 2 dari jurusan Teknik Geologi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), telah mengukir prestasi gemilang dalam dunia debat. Pada 23 April 2024, Dicky berhasil meraih gelar sebagai pembicara terbaik atau "the best speaker" dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat universitas.

Keberhasilan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi UNG secara keseluruhan. Dicky akan mewakili UNG pada babak selanjutnya dari KDMI, yaitu tingkat wilayah LLDIKTI XVI, membawa semangat dan harapan untuk meraih prestasi lebih tinggi.

Tidak hanya Dicky, tetapi juga rekan mahasiswanya, Liya Anggraeni, mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan 2023, turut meraih kesuksesan sebagai bagian dari tim terbaik 3 dalam KDMI tingkat Universitas Negeri Gorontalo tahun 2024.

Wakil Dekan 3 FMIPA UNG, Dr. Lilan Dama, M.Pd, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap prestasi gemilang yang berhasil ditorehkan oleh kedua mahasiswa FMIPA ini. "Selamat untuk FMIPA juara 3 Tim Terbaik dan Juara 1 Dicky Rachmansyah (ITK) mewakili Universitas ke tingkat wilayah dan Nasional," ucapnya.

Dr. Lilan Dama juga menambahkan, "Mahasiswa FMIPA UNG kembali memperoleh kesempatan untuk bisa ikut bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain di kancah nasional," sembari menyemangati mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dalam berbagai kompetisi yang akan datang.

Prestasi Dicky dan Liya tidak hanya mengukir namanya dalam sejarah debat di UNG, tetapi juga membuktikan bahwa mahasiswa dari FMIPA UNG mampu bersaing dan meraih prestasi gemilang di tingkat nasional. Semangat dan dedikasi mereka menjadi inspirasi bagi seluruh civitas akademika untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama almamater.

KDMI adalah ajang kompetisi mahasiswa utk terus mengasah kemampuan mhsiswa dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dengan Bahasa Indonesia untuk mahasiswa yang mempunyai talenta pada bidang bahasa. Kegiatan ini diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kemenristekdikti sebagai kegiatan aktualisasi diri bagi mahasiswa Indonesia. termasuk mhsiswa fmipa dan UNG dlm perhelatan ini. Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi melalui media debat ilmiah;
  2. meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di dalam komunikasi debat, dan menciptakan kompetisi yang sehat antar mahasiswa;
  3. meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis, sehingga mahasiswa mampu bersaing di tingkat nasional;
  4. mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis; dan
  5. memperkuat karakter mahasiswa melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional beserta alternatif pemecahannya melalui kompetisi debat.

 

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023