Uji Kemampuan Matematika Pasca Pandemi, HIMATIKA Gelar GMC

Oleh: Jafar La Kilo . 24 November 2021 . 11:15:11

Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Universitas Negeri Gorontalo kembali menggelar Gorontalo Mathematic Competition (GMC) tingkat SMP dan SMA. Pembukaan kegiatan yang mengusung tema Eksplorasi Barisan Pestasi Melalui Pengembangan Intelektual Menuju Generasi Emas yang Matematika ini digelar pada Rabu 24 November 2021.

GMC yang pertama kali digelar pasca pandemi ini menarik minat banyak sekolah di Wilayah Provinsi Gorontalo. Menurut panitia pelaksana, GMC 2021 diikuti oleh 43 sekolah tingkat SMP dan sederajat dan 21 sekolah untuk kategori SMA/sederajat.

Ketua HIMATIKA UNG Andi Noho mengungkapkan pelaksanaan GMC bertujuan untuk menjaring bakat dan prestasi para siswa dalam bidang matematika.

"Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan minat siswa pada pelajaran matematika. Selain itu, dengan GMC kami akan mencari bibit unggul dalam bidang matematika," Ungkap mahasiswa semester 5 Prodi Matematika ini.

Lebih lanjut, Andi mengungkapkan kompetisi tahunan ini akan digelar dalam beberapa tahapan seleksi, yakni: eleminasi, penyisihan, semifinal dan final.

Tidak hanya guru, kegiatan yang digelar di Auditorium Universitas Negeri Gorontalo ini menarik minat para siswa.

"Dengan mengikuti ini saya ingin mendapat pelajaran baru," Ungkap Galung Saido, siswa kelas VIII SMPN 15 Kota Gorontalo.

Berbeda dengan Galung, siswa SMP Santa Maria Kota Gorontalo Violeta Angeline Payitno mengungkapkan motivasinya mengikuti GMC karena kecintaan pada pelajaran matematika. "Motivasi saya ikut GMC karena suka dengan math. Dan saya target juara dalam kompetisi ini," Katanya.

Sementara itu M. Rifani Fayza Bahsuan, siswi MTs Al Ishlah memiliki alasan berbeda, keikutsertaannya dalam kompetisi akbar matematika ini karena menilai acara ini sangat baik baginya. "Acara ini keren dan saya melihat dari pelaksanaan GMC sebelumnya. Dengan mengikuti GMC ini kami ingin juara 1," harapnya.

GMC 2021 adalah kompetisi spesial bagi siswa, pasalnya hal ini selain menjaring bakat siswa, juga sebagai evaluasi kemampuan siswa dalam memahami matematika.

"GMC ini selain mengembangkan prestasi siswa dalam matematika, kami juga ingin mengevaluasi bagaimana pengusaan matematika siswa setelah pandemi Covid-19," Ungkap sekretaris Jurusan Matematika Nursiya Bito, M.Pd disela-sela pembukaan GMC 2021.[]

 

Agenda

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023

14 - 22 November 2019

PEMILIHAN DEKAN 2019-2023

Pemilihan Dekan FMIPA Periode 2019-2023