HIMATIKA Se-Indonesia Berkongres di UNG

Oleh: Kostiawan Sukamto, M.T . 11 Maret 2020 . 15:53:00

Himpunan Mahasiswa Matematika se Indonesia yang terhimpun dalam wadah Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (IKAHIMATIKA) melaksanakan Kongres Nasional ke XV di Universitas Negeri Gorontalo.

Acara rutin yang digelar setiap dua tahun ini bertujuan untuk membahas AD/ART dan struktur organisasi IKAHIMATIKA. Kongres yang mengangkat tema “Meneguhkan Peran IKAHIMATIKA dalam Mewujudkan Indonesia Maju di Era Revolusi Industri 4.0” ini diawali dengan Grand Opening yang digelar pada rabu (11/3) bertempat di Auditorium Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan tema dalam kongres ini menarik perhatian dekan FMIPA UNG, Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si. Menurutnya tema yang diusung ini selaras dengan program pemerintah saat ini, yakni Program Kampus Merdeka atau Merdeka Belajar. “Untuk mengimplementasikan tema ini, maka di lingkungan kampus-kampus yang ada di Indonesia telah dikeluarkan oleh menteri kita yakni program merdeka belajar,” katanya.

“Dalam merdeka belajar, mahasiswa bisa memilih 20 SKS diluar progam studinya di perguruan tinggi sendiri dan 40 SKS di luar perguruan tinggi,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemasiswaan dan Alumni UNG, Karmila Machmud, S.Pd., M.A, Ph.D dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang telah digagas oleh IKAHIMATIKA ini. “Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia. Tidak gampang mendatangkan pemateri nasional dan delegasi HIMATIKA se Indonesia,” akunya. Beliau menambahkan, “Acara ini membuktikan bahwa mahasiswa matematika tidak seperti stereotyping yang selama ini ada, bahwa mahasiswa matematika hanya jago hitung. Mereka adalah mahasiswa yang pintar dan kreatif.”

Hadir dalam grand opening kongres ke XV ini, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof. Dr.Phil. Ikhfan Haris, M.Sc, Wakil Dekan III FMIPA, Dr. Abdul Haris Odja, M.Pd dan pimpinan serta staf dosen Matematika UNG.

Sesuai agenda, kongres yang dihadiri delegasi HIMATIKA dari berbagai kampus se Indonesia ini akan berlangsung hingga 15 Maret 2020 yang dirangkaikan dengan berbagai agenda, yakni Seminar Nasional Matematika, Lomba Karya Tulis Ilmiah Matematika Nasional, Talk Show dan Panggung Kreasi.[]

Agenda

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023

14 - 22 November 2019

PEMILIHAN DEKAN 2019-2023

Pemilihan Dekan FMIPA Periode 2019-2023

8 Mei 2018

PELAKSANAAN UJIAN TERTULIS SBMPTN

TEMPAT : Beberapa ruang Kuliah di Lingkungan UNG