Buka Webinar Kimia, Rektor: Di Tengah Pandemik, Riset Tidak Boleh Berhenti!

Oleh: Kostiawan Sukamto . 13 Juni 2020 . 16:16:00

Jurusan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo sukses menggelar seminar online (webinar), sabtu (13/6).

Webinar yang mengangkat tema, "Pengembangan Riset di Tengah Pandemik Covid-19" ini dibuka langsung oleh rektor Universitas Negeri Gorontalo, Dr. Eduart Wolok, ST., MT

“Pandemik memberikan efek bagi dunia akademik, termasuk riset. Makanya, saya berterima kasih Jurusan Kimia, FMIPA yang telah mengangkat tema ini,” ungkap rektor mengawali sambutannya.

Beliau juga sangat berharap, di tengah pandemik, riset harus tetap jalan, tidak boleh berhenti karena riset adalah urat nadi perguruan tinggi.

“Riset merupakan urat nadi perguruan tinggi,sehingga dalam situasi apapun riset harus tetap jalan,” tambahnya.

Rektor yang juga ketua PGRI Provinsi Gorontalo ini berharap webinar yang diinisiasi oleh Jurusan Kimia ini menghasilkan rumusan yang akan menjadi acuan agar kegiatan akademik terutama riset tetap eksis terutama dalam penanganan covid-19.

“Semoga dengan webinar ini mendorong kita melakukan berbagai riset yang dapat membantu kita agar pandemik ini segera berakhir berdasarkn kapasitas masing-masing,” harapnya.

Seminar online yang diikuti oleh 600 peserta melalui aplikasi zoom ini menghadirkan 3 (tiga) pembicara, yaitu Prof. Dr. Harno Dwi Pranowo, M.Si, guru besar Ilmu Kimia, FMIPA Universitas Gadjah Mada. Profesor yang mendalami riset kimia komputasi ini menyampaikan materi seputar Riset Bidang Kimia Komputasi di Masa Pandemik Covid-19.

Prof. Dr. Muh. Amir Masruhim, M.Kes, sebagai pemateri ke-2 menyampaikan materi seputar riset pendidikan kimia di tengah pandemic covid-19. Dalam makalahnya, guru besar yang juga dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mulawarman ini membahas permasalahan bagaimana mahasiswa bisa melaksanakan penelitian di tengah pandemic covid-19.

Sementara itu, pemateri ke-3 Dr. Lukman Abdul Rauf Laliyo, M.Pd, dosen Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo menjelaskan materi seputar inovasi pembelajaran kimia diera new normal.

Webinar yang disiarkan langsung melalui channel youtube Jurusan Kimia UNG ini turut dihadiri dekan FMIPA UNG, Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si.[]

Agenda

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023

14 - 22 November 2019

PEMILIHAN DEKAN 2019-2023

Pemilihan Dekan FMIPA Periode 2019-2023

8 Mei 2018

PELAKSANAAN UJIAN TERTULIS SBMPTN

TEMPAT : Beberapa ruang Kuliah di Lingkungan UNG