Workshop Kurikulum FMIPA, Integrasi Kurikulum OBE dengan MBKM

Oleh: Jafar La Kilo . 4 Juli 2023 . 10:35:18

FMIPA Universitas Negeri Gorontalo menggelar Workshop Kurikulum dengan tema "Mengokohkan FMIPA yang Unggul dan Berdaya Saing Melalui Peninjauan Kurikulum Berasis OBE yang Terintegrasi MBKM". Kegiatan ini diadakan di ruang rapat pimpinan FMIPA Universitas Negeri Gorontalo pada Selasa, 4 Juli 2023.

Dalam sambutannya, Dr. Dewi Baderan, M.Si selaku Ketua Panitia Workshop Kurikulum menyampaikan tujuan dari kegiatan ini. Pertama, tujuan utama adalah untuk melakukan peninjauan terhadap kurikulum yang berbasis Outcome-Based Education (OBE) yang terintegrasi dengan Model Pembelajaran Berbasis MBKM. Peninjauan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

Selain itu, dalam peninjauan kurikulum, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo juga akan menyesuaikan kurikulum dalam menunjang pengembangan wilayah pesisir Teluk Tomini. Kehadiran kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pesisir Teluk Tomini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan daerah.

Poin terakhir yang disampaikan oleh Dr. Dewi Baderan, M.Si adalah penyesuaian kurikulum dengan skala internasional, terutama di tingkat ASEAN. Universitas Negeri Gorontalo akan berupaya menyusun kurikulum yang dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di tingkat internasional, khususnya di kawasan ASEAN.

Selanjutnya, Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si selaku Dekan FMIPA Universitas Negeri Gorontalo memberikan sambutan dalam Workshop Kurikulum ini. Beliau menyampaikan bahwa workshop ini memberikan kesempatan bagi Prodi di lingkungan FMIPA untuk merekonstruksi kurikulum guna disesuaikan dengan perkembangan keilmuan terkini. Dengan adanya peninjauan kurikulum, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo akan dapat menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas dan siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Prof. Astin juga menyampaikan pentingnya melihat ke arah kurikulum internasional. FMIPA Universitas Negeri Gorontalo akan mengacu pada kurikulum ASEAN sebagai salah satu acuan dalam penyusunan kurikulum yang berstandar internasional. Dengan demikian, lulusan FMIPA akan memiliki kompetensi yang relevan dengan tuntutan dunia global.

Selain itu, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo juga berupaya memadukan kurikulum internasional, nasional, dan lokal. Dalam menghadapi era globalisasi, keberadaan kurikulum yang mengintegrasikan berbagai perspektif tersebut akan memberikan keunggulan kompetitif bagi mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Gorontalo di pasar kerja.

Terakhir, dekan menekankan bahwa peninjauan kurikulum ini juga merupakan langkah awal dalam rangka persiapan untuk mendapatkan akreditasi internasional bagi Prodi di FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

"Dengan adanya kurikulum yang terstandarisasi dan terintegrasi dengan baik, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo dapat mengajukan diri sebagai institusi pendidikan yang mampu bersaing di tingkat internasional," Katanya.

Workshop Kurikulum FMIPA Universitas Negeri Gorontalo ini diikuti oleh para dosen, pimpinan Prodi, pimpinan Jurusan dan pengelola kurikulum di FMIPA Universitas Negeri Gorontalo. Melalui kegiatan ini, diharapkan kurikulum FMIPA Universitas Negeri Gorontalo dapat ditingkatkan agar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman, serta mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing.[]

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023