SELEKSI TINGKAT PROVINSI OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) PERTAMINA TAHUN 2015

Oleh: Tedy Machmud . 17 Oktober 2015 . 13:16:00

26 ribu Mahasiswa Siap Beradu di OSN PERTAMINA 2015, di Gorontalo diikuti oleh 763 orang

Lebih dari 26 ribu mahasiswa jurusan Matematika, Sains dan Teknologi siap dalam kompetisi bergengsi Olimpiade Sains Nasinal Pertamina (OSN PERTAMINA) 2015. Kegiatan dilaksanakan secara serentak di 33 Provinsi dari 42 Perguruan Tinggi Mitra di Indonesia. OSN PERTAMINA 2015, merupakan perhelatan yang ke-8 dan sejak kompetisi sains bergengsi ini diadakan, telah menjaring lebih dari 120.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Di Provinsi Gorontalo kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu pada hari kamis 15 Oktober 2015 dilaksanakan di Gedung Auditorium UNG. Babak seleksi tingkat provinsi yang merupakan tahap penyisihan pertama OSN PERTAMINA 2015, secara nasional tahun 2015 diikuti oleh 25.671 peserta untuk kategori teori dan 357 peserta science project. Sedangkan untuk OSN di Provinsi Gorontalo, Ketua Panitia OSN provinsi Gorontalo DR. Tedy Machmud, M.Pd. melaporkan bahwa untuk seleksi OSN tahun 2015, diikuti oleh 763 orang peserta Tes Teori dan 6 (enam) kelompok Proyek Sains. Peserta terbuka untuk seluruh mahasiswa di Indonesia termasuk di provinsi Gorontalo. Pada kegiatan seleksi tersebut turut dihadiri pula oleh perwakilan panitia pusat DR. Efta Yudiarsah dari FMIPA UI.

Rektor UNG dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bagi mahasiswa adalah merupakan ajang uintuk memotivasi diri untuk senantiasa berprestasi dan menumbuhkan semangat untuk berkompetisi, sedangkan bagi dosen kegiatan ini dapat dijadikan tolok ukur bagi pembinaan akademik mahasiswa. Lebih lanjut rektor mengatakan tema yang diangkat oleh pertamina untuk proyek sains yang dilombakan bagi mahasiswa saat ini yakni “Energi Baru dan Terbarukan” sangat urgen terutama diperhadapkan dengan krisis energi saat ini. “Dengan adanya kompetisi science project kami berharap bisa mendorong lahirnya riset teknologi dari kampus yang bisa mendukung pengembangan Energi Baru dan Terbarukan,” jelas Rektor.

Sementara itu, Pimpinan Depo Pertamina Gorontalo Doni Prasetyo menyampaikan OSN PERTAMINA tahun ini difokuskan pada tema “Energi Baru dan Terbarukan” dan untuk pertama kalinya bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Negara-negara ASEAN untuk kategori science project. “Cita-cita Bauran Energi Pemerintah di tahun 2025 nanti, sekitar 25% dari seluruh penggunaan energi akan menggunakan Energi Baru Terbarukan. Oleh karena itulah, kami berusaha untuk meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa di bidang tersebut sejak dini, salah satunya melalui science project ini, ujar Doni.

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023