Akreditasi program studi di perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting, baik bagi institusi pendidikan itu sendiri maupun bagi mahasiswa dan masyarakat secara umum. Sebagai bagian dari penjaminan mutu akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian yang dilakukan oleh lembaga eksternal untuk memastikan bahwa program studi di perguruan tinggi memenuhi standar kualitas tertentu. Ini membantu menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan yang diberikan. Oleh karena itu Program Studi Teknik Geologi FMIPA UNG bertekad untuk melakukan reakreditasi Program Studinya. Berbagai persiapan telah dilakukan antara lain dengan membentuk Tim Task Force Reakreditasi yang diketuai oleh Ninasafitri, S.Si, M.T.
Tim task force saat ini telah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk menyusun LKPS dan LED. Sebagai program studi keteknikan kami mempersiapkan diri untuk mengikuti akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik (LAMTEK) ujar Ninasafitri. Rabu ini (14/8) kami tim mengikuti Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) dan Persiapan Akreditasi Mandiri Teknik (LAMTEK) dan Indonesia Accreditation Board For Engineering Education (IABEE) di Fatek Kampus 4 UNG. Sebagai peserta workshop DR. Aang Permana (Ketua Jurusan Ilmu Teknologi Kebumian), menyatakan tekadnya dengan harapan agar prodi Teknik Geologi ini bisa terakreditasi maksimal yakni unggul.
Nara sumber yang dihadirkan dalam workshop tersebut adalah Prof. Ir. Leni Sophia Heliani, S.T., M.Sc., D.Sc., IPU, dosen dari Universitas Gajah Mada (UGM). Leni S Heliani menjelaskan secara gamblang mengenai pentingnya akreditasi ini. Agar terakreditasi maksimal baik akreditasi LAMTEK maupun Akreditasi Internasional IABEE salah satu hal penting yang harus dibenahi adalah kurikulum. Kurikulum hendaknya mengacu pada konsep Pendidikan Berbasis pada outcome (OBE), ujarnya. OBE adalah proses pendidikan yang difokuskan pada pencapaian outcome yang konkret mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. OBE adalah proses yang melibatkan restrukturisasi kurikulum, penilaian, dan praktik pelaporan dalam pendidikan untuk mencerminkan pencapaian pembelajaran yang berkualitas tinggi.
In-Between Semester
Final Exam Period for Even Semester