Mahasiswa Prodi Kimia Akhiri Magang MBKM dengan Seminar

Oleh: Jafar La Kilo . 11 Juli 2023 . 14:12:08

Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo telah mengikuti program magang di Laboratorium Karantina Pertanian Kelas II Gorontalo. Magang MBKM ini ditutup dengan seminar magang pada 11 Juli 2023. Seminar magang ini diselenggarakan sebagai bentuk evaluasi dan penyelesaian program magang yang diikuti oleh tiga mahasiswa.

Dalam seminar magang ini, ketiga mahasiswa tersebut dibimbing oleh tiga pembimbing yang berkompeten di bidangnya. Pembimbing lapangan, Ibu Dr. Yuszdah K. Salimi, memberikan panduan dan arahan kepada mahasiswa dalam menjalankan kegiatan magang. Selain itu, Ibu Hikmawaty, S.P sebagai pembimbing mitra Laboratorium Karantina Tumbuhan, dan Bapak drh. Larasistian Widodo sebagai pembimbing mitra Laboratorium Karantina Hewan, memberikan pengawasan dan bimbingan sesuai dengan bidang fokus kegiatan magang masing-masing mahasiswa.

Berikut adalah judul projek magang yang dijalankan oleh ketiga mahasiswa:

  1. Nur Riska Apriana (442420014)Judul Projek Magang: Deteksi dan Identifikasi Penyakit Bulai Pada Tanaman Jagung Di Laboratorium Karantina Pertanian Kelas II Gorontalo
  2. Yuyan Ali Usman (442420031)Judul Projek Magang: Deteksi Dan Identifikasi Cendawan Penyebab Penyakit Pada Biji Kakao (Theobroma Cacao) Di Laboratorium Karantina Pertanian Kelas II Gorontalo
  3. Indah Badriawaty Dali (442420034)Judul Projek Magang: Inventarisasi Lalat Buah Menggunakan Araktan Metil Eugenol (ME) Di Laboratorium Karantina Pertanian Kelas II Gorontalo

Selama kegiatan magang di Laboratorium Karantina Pertanian Kelas II Gorontalo, ketiga mahasiswa tersebut melakukan berbagai kegiatan yang relevan dengan bidang pertanian dan pengendalian hama. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain:

  1. Membantu dalam melakukan preparasi sampel biji jagung, kelapa parut, kemiri, dan bungkil kelapa di Laboratorium Karantina Tumbuhan (KT).
  2. Membantu dalam penulisan label arsip sampel serta menyusun arsip sampel di lemari arsip.
  3. Membantu dalam sistem rekaman administrasi dan rekaman teknis laboratorium.
  4. Membantu dalam melakukan identifikasi cendawan pada biji kakao.
  5. Melakukan identifikasi serangga yang ditemukan pada komoditi jagung.
  6. Membantu dalam pemisahan arsip sampel untuk dilakukan pemusnahan.
  7. Melakukan pemantauan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) di Kabupaten Bone Bolango.
  8. Melakukan deteksi dan identifikasi penyakit pada tanaman jagung, khususnya penyakit bulai.
  9. Melakukan identifikasi morfologi Sitophlus Sp. pada komoditi jagung.
  10. Melakukan identifikasi morfologi pada lalat buah.

Kegiatan magang ini memberikan pengalaman berharga bagi ketiga mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di dalam kelas ke dunia nyata. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pertanian dan pengendalian hama di Gorontalo. Seminar magang ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi mahasiswa lainnya yang ingin mengikuti program magang di Laboratorium Karantina Pertanian Kelas II Gorontalo.

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023