Jurusan ITK Sukses Gelar Kuliah Tamu

Oleh: Jafar La Kilo . 28 Februari 2024 . 16:15:49

Jurusan Ilmu dan Teknik Kebumian, Pendidikan Geografi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) mengadakan kuliah tamu dengan tema “Pemanfaatan Data Informasi Geospasial untuk Perencanaan dan Pembangunan Berkelanjutan” pada tanggal 28 Februari 2024 di Aula Lantai 3 FMIPA.

Kegiatan ini dihadiri oleh 110 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Jurusan Ilmu dan Teknik Kebumian serta Ilmu Lingkungan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyadari pentingnya data informasi geospasial dalam perencanaan dan pembangunan berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian (ITK) Dr. Aang Panji Permana, ST.,MT mengatakan bahwa kuliah tamu ini memberikan wawasan mengenai pentingnya data informasi geospasial untuk mendukung perencanaan dan pembangunan berkelanjutan. Hal ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kondisi lingkungan, sosial, dan ekonomi suatu wilayah.

Materi yang disampaikan dalam kuliah tamu ini mencakup pemanfaatan informasi geospasial yang sudah masuk ke seluruh aspek, tidak hanya di bidang pemanfaatan sumberdaya alam tetapi juga di bidang sosial, ekonomi dan pertahanan keamanan. Sebagai contoh, pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) sudah memanfaatkan data dan informasi geospasial. Selain itu, kerjasama dengan Dirjen Pajak untuk penentuan wajib pajak telah dilakukan untuk meningkatkan jumlah pendapatan negara dari pajak. Integrasi data statistik dan data geospasial memberikan informasi baru dalam perencanaan dan pembangunan nasional.

Diskusi yang diadakan dalam kuliah tamu ini membahas bagaimana data geospasial dimanfaatkan untuk mitigasi bencana alam di Indonesia, strategi komunikasi informasi geospasial kepada masyarakat untuk mendukung pembangunan nasional, kendala dalam integrasi data statistik dan geospasial di Indonesia, dan bagaimana sistem keamanan informasi geospasial.

Kuliah tamu ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi peserta tentang pentingnya pemanfaatan data informasi geospasial dalam perencanaan dan pembangunan berkelanjutan.

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023