Jurusan Ilmu Lingkungan Bentuk Ormawa Tingkat Jurusan

Oleh: Jafar La Kilo . 25 Desember 2023 . 18:50:04

Sejak di bukanya program studi S1 Ilmu Lingkungan di Fakultas MIPA melalui Surat Keputusan Menteri DikBudRistek Nomor 401/E/0/2023 tanggal 2 mei 2023 tentang Izin pembukaan Program Studi Ilmu Lingkungan Program Sarjana di Universitas Negeri Gorontalo berbagai kegiatan telah di lakukan pimpinan Jurusan. Ketua dan Sekretaris Jurusan yang diangkat melalui SK Rektor No 1113/UN45/KP/2023 tentang pengangkatan Ketua dan Sekretaris Jurusan di Lingkungan Fakultas MIPA UNG, telah menata perangkat dan fasiltas Jurusan Ilmu Lingkungan. Kegiatan di mulai dari pelaksanaan workshop dan lokakarya Kurikulum mata kuliah, penyiapan sekretariat jurusan, penerimaan mahasiswa baru dan pembentukan Organisasi Mahasiswa Tingkat Jurusan yang disebut dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan FMIPA.

Pelaksanaan Musyawarah Organisasi Mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan dilaksanakan Pada tanggal 15 Oktober 2023 berlokasi di Bohulo Camp and Eatery Desa Dulamayo Selatan kecamatan Telaga,. Pelaksanaan Musyawarah Organisasi Mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan di bagi dalam 4 (empat) tahap, Pertama, pemberian materi terkait bagaimana berorganisasi dengan baik dan benar di lingkungan kemahasiswaan Universitas Negeri Gorontalo. Mahasiswa diberi pembobotan materi seperti, Prilaku dan Etika Kepemimpinan, Sistem bermusyawarah, Administrasi Organisasi, Struktur Organisasi, Pengelolaan Organisasi, Pengelolaan Keuangan Organisasi, dan Kemitraan dalam berorganisasi. Pemateri terdiri dari Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, mantan ketua Senat Mahasiswa MIPA dan para dosen yang berpengalaman dalam organisasi. Kedua, pengukuhan mahasiswa baru jurusan Ilmu Lingkungan yang ditandai dengan pengambilan slayer sebagai tanda mahasiswa tersebut akan menjalani masa berorganisasi kemahasiswaan di lingkungan jurusan ilmu lingkungan. Ketiga, Musyawarah pemilihan perangkat organisasi Mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan yang terdiri dari Ketua, sekretaris dan bendahara. Semua mahasiswa yang terdiri dari 10 orang memaparkan visi dan misi calon ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan. Setelah melaksanakan pemaparan visi dan misi maka masing-masing orang memberikan masukan sistem pemilihan musyawarah mufakat atau sistem voting. Keempat, dilaksanakan pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan oleh Ketua Jurusan.

Pelaksanaan pemilihan Ketua dimulai pada pukul 08.00-10.00 WITA dengan calon ketua sebanyak 9 orang yaitu seluruh mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan dan jumlah pemilih juga berjumlah 9 orang. Pada saat pukul 08.00 WITA dilakukan persiapan acara dan dilanjutkan pembukaan kegiatan oleh Ketua Jurusan Ilmu Lingkungan. Kemudian acara inti yaitu musyawarah Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Lingkungan dimulai yang di awali dengan penyampaian visi dan misi dari masing-masing calon ketua kepada semua peserta yang didampingi oleh dosen Jurusan Ilmu Lingkungan. Setelah itu, sebelum dilakukan proses pemungutan suara, seluruh mahasiswa dibekali dasar-dasar kepemimpinan dari mantan Ketua HMJ Biologi tahun 2018 yaitu Mohammad Isra, S.Pd., M.Si. Pembekalan ini bertujuan untuk menanamkan sifat, sikap dan prilaku pemimpin yang baik untuk calon ketua HMJ IL. Kemudian kegiatan berlanjut pada tahap pemilihan ketua HMJ dengan masing-masing mahasiswa memberikan suara secara tertutup dan suara langsung dihitung setelah semua pemilih menyerahkan kertas pilihannya. Penghitungan berlangsung seru dimana calon atas nama Rifaldi Yasin dan Moh. Arya Setiawan Sugala saling mengejar angka voting hingga, peserta Musyawarah sempat menahan nafas disisa penentuan satu kertas suara, setelah dibuka calon atas nama Moh. Arya Setiawan Sugala mendapatkan 1 suara tersebut di kertas terakhir yang akhirnya menobatkan dirinya sebagai Ketua HMJ Ilmu Lingkungan terpilih periode 2023-2024 dan Rivaldi Yasin sebagai Sekretaris HMJ terpilih periode 2023-2024. Setelah itu pengukuhan dan pelantikan oleh Ketua Jurusan Ilmu Lingkungan, Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si kepada ketua HMJ IL terpilih periode 2023-2024 yaitu Moh. Arya Setiawan Sugala.

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023