HIMKA UNG Raih Hibah PPK Ormawa 2023

Oleh: Jafar La Kilo . 15 Juni 2023 . 08:19:37

Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) FMIPA Universitas Negeri Gorontalo meraih hibah Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Ormawa Tahun 2023 berdasarkan surat dari Dirjendiktiristek Kemdikbud bernomor 2379/E2/DT.01.01/2023 tanggal 14 Juni 2023  . Prestasi ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi HIMKA dalam mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam hibah PPK Ormawa Tahun 2023, Tim HIMKA yang dibimbing langsung oleh Ketua Jurusan Kimia Wiwin Rewini Kunusa, M.Si ini berhasil mengangkat topik yang menarik, yaitu "Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kawasan Pesisir Teluk Tomini Berbasis Pengolahan Ikan Asap di Kelurahan Leato Selatan." Topik ini dipilih berdasarkan kebutuhan nyata masyarakat setempat dan potensi ekonomi yang dapat dikembangkan.

Proyek yang akan dilaksanakan oleh Tim HIMKA ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat kawasan pesisir Teluk Tomini, khususnya di Kelurahan Leato Selatan, melalui pengolahan ikan asap. Pengolahan ikan asap dipilih sebagai salah satu metode pengembangan ekonomi karena memiliki nilai tambah yang tinggi serta potensi pasar yang luas.

Tim HIMKA akan melaksanakan kegiatan proyek ini dengan pendekatan terpadu, mencakup aspek pelatihan, pemilihan peralatan, pengembangan produk, dan pemasaran. Selain itu, mereka juga akan berkolaborasi dengan kelompok nelayan setempat untuk memastikan ketersediaan bahan baku yang berkualitas.

Ketua Jurusan Kimia Wiwin Rewini Kunusa, M.Si menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh Tim HIMKA. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan masyarakat dalam mengimplementasikan hasil riset ke dalam kegiatan nyata yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Diharapkan, dengan adanya hibah PPK Ormawa ini, Tim HIMKA FMIPA Universitas Negeri Gorontalo dapat menghasilkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir Teluk Tomini. Prestasi ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi ormawa lainnya untuk terus berkontribusi dalam pembangunan masyarakat dan bangsa.[]

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023