HIMATIKA Kembali Gelar GMC, Diikuti 42 Sekolah

Oleh: Jafar La Kilo . 13 November 2023 . 13:56:54

Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) kembali menggelar Gorontalo Mathematics Computation (GMC) 2023. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan yang sudah berlangsung hampir 1 dekade. Untuk tahun 2023 ini jumlah peserta mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni diikuti oleh sebanyak 74 tim masing-masing tingkat SD 22 Tim (11 Sekolah), tingkat SMP 22 Tim (14 Sekolah) dan SMA 30 Tim (17 Sekolah) yang berasal dari Sekolah di Provinsi Gorontalo yakni utusan kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupatena Boalemo. Tema yang diangkat kali ini adalah “Eksplorasi Prestasi Melalui Kompetisi Untuk Mewujudkan Generasi Emas Yang Unggul Dan Berdaya Saing”.

Ketua Panitia GMC 2023 Ismail Saputra Harmain melaporkan bahwa kegiatan akan berlangsung dari tanggal 12 – 18 November 2023 di laksanakan di Gedung Auditorium UNG, bertujuan antara lain untuk meningkatkan minat kegemaran siswa pada matematika. Sehari sebelumnya seluruh guru pembimbing/ pendamping telah menghadiri kegiatan technical meeting di Aula FMIPA untuk menjelaskan dan menyepakati tata tertib dan ketentuan teknis lomba.

Pada kegiatan tersebut Ketua Jurusan Matematika DR. Tedy Machmud, M.Pd., dalam pengantarnya menyampaikan kegiatan ini sengaja dirancang disamping sebagai wahana untuk menguji kompetensi siswa dalam matematika juga wahana untuk meningkatkan softskill siswa mencakup rasa percaya diri, networking (kerjasama) tim, berpikir kritis, problem solving,kolaborasi dan softskill lainnya. Dari sisi institusi perguruan tinggi khususnya program studi kegiatan ini merupakan bahan refleksi khususnya terkait dengan pengembangan dan peninjauan kurikulum dan strategi pembelajaran di program studi sebagai input bagi program studi untuk melakukan review dan perbaikan secara sistematis.

Dekan FMIPA Prof. Dr. Astin P. Lukum, M.Si, saat membuka kegiatan yang juga dihadiri oleh jajaran pimpinan fakultas/ jurusan, para dosen di lingkungan jurusan matematika, serta seluruh peserta dan guru pembimbing/ pendamping, menyampaikan apresiasi yang tinggi dan menyambut baik kegiatan yang sudah rutin tahunan oleh Jurusan Matematika dimotori oleh Himpunan Mahasiswa Matematika. Dekan berharap kegiatan ini di lakukan secara kontinyu sebagai salah satu upaya untuk membumikan matematika terutama dikalangan siswa dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Antusiasme peserta sangat terlihat dengan banyaknya suporter dari masing-masing sekolah untuk menyemangati teman-temannya sedang berlomba. Salah seorang peserta Muhamad Basir Abdillah Rahim dari MTS Al-Islah Kota Gorontalo mengemukakan dia sangat tertarik untuk mengikuti lomba ini. Meskipun baru pertama kali ikut lomba GMC dia menyatakan sangat tertantang karena matematika baginya merupakan matapelajaran yang dia senangi. Lain halnya dengan Celin Afiliani Rosali dari SMP Katolik Santa Maria Kota Gorontalo, merasa bangga untuk kedua kalinya dipercayakan oleh sekolahnya untuk mengikuti lomba GMC ini. Dia sangat berharap dapat menggondol juara 1 lagi seperti tahun 2022 lalu. Kesan para guru pendamping pada umumnya berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara kontinu dengan berbagai variasi lomba.

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023