Gelar Kuliah Tamu, FMIPA Hadirkan Pembicara dari BIG

Oleh: Jafar La Kilo . 13 Juni 2024 . 13:36:19

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar kuliah tamu dan diskusi ilmiah bertema “Geospasial untuk Sulawesi: Gotong Royong Penyediaan Unsur Batas Wilayah dalam Pemutakhiran Peta Dasar”, Kamis 13 Juni 2024. Acara yang berlangsung di ruang sidang FMIPA UNG ini dihadiri oleh mahasiswa Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian.

Kuliah tamu ini bertujuan memberikan wawasan mendalam tentang peran penting data geospasial dalam modernisasi dan pembaruan peta dasar, khususnya untuk wilayah Sulawesi. Ketua Jurusan Dr. Aang Panji Permana, S.T., M.T., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada narasumber, Aji Putra Perdana, S.Si., M.Sc. "Dosen dan mahasiswa yang hadir berasal dari Program Studi Pendidikan Geografi dan Teknik Geologi. Kedua program studi ini sangat terkait dengan penggunaan peta dalam pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, topik ini sangat penting bagi kita semua," ujar Dr. Aang.

Lebih lanjut, Dr. Aang menyampaikan harapannya agar FMIPA UNG dapat berkontribusi dalam pemutakhiran peta dasar di Gorontalo dan sekitarnya. "Universitas Negeri Gorontalo telah menjalin kerjasama dengan Badan Informasi Geospasial sejak tahun 2016, khususnya dalam pendampingan simpul-simpul jaringan geospasial di Provinsi Gorontalo," tambahnya.

Aji Putra Perdana, S.Si., M.Sc., sebagai narasumber utama, memberikan materi mengenai peran krusial data geospasial dalam pembaruan peta dasar. Ia menekankan pentingnya data geospasial yang akurat, upaya kolaboratif, kemajuan teknologi, tantangan dan solusi yang dihadapi, serta arah masa depan. "Pemutakhiran peta dasar yang akurat dan up-to-date sangat penting untuk berbagai sektor, termasuk pembangunan, lingkungan, dan tata ruang," jelas Aji.

Dalam sesi tanya jawab yang interaktif, para mahasiswa menunjukkan antusiasme dan minat tinggi terhadap topik yang dibahas. Diskusi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik dalam upaya pemutakhiran peta dasar di Sulawesi dan wilayah lainnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kerjasama antara UNG, Badan Informasi Geospasial, dan berbagai pihak terkait dapat terus berlanjut dan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang geospasial.

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023