Gandeng MGMP Matematika, Jurusan Matematika Gelar Workshop Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Oleh: Jafar La Kilo . 10 Juli 2023 . 20:35:51

Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo berkolaborasi dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP se-Kabupaten Bone Bolango sukses menggelar workshop bertajuk “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalisme secara Berkelanjutan Melalui Refleksi, Kolaborasi, Sinergitas Riset dan Publikasi”. Menurut Ketua MGMP Matematika Rahmawaty Habibie, M.Pd., kegiatan ini bertujuan untuk: (1) menumbuhkembangkan kebiasaan merefleksi, sehingga guru menjadi peka dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kelas; (2) menumbuhkan budaya menulis dan meneliti bagi guru, sehingga guru mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang dalam terhadap apa yang terjadi dikelasnya.; (3) menumbuhkan kreativitas, sehingga berupaya melakukan inovasi sebagai implementasi dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahan ajar yang dipakainya.

Dalam pengantarnya Ketua Jurusan Matematika Dr. Tedy Machmud, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini merupakan implementasi dari kerjasama yang telah dirintis oleh Fakultas MIPA dengan Pemda Bone Bolango. Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk kolaborasi yang sinergis antara guru dan dosen melalui aktifitas bersama untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui riset yang diharapkan akan bermuara pada publikasi.

Pembukaan kegiatan ini disamping dihadiri oleh Wakil Dekan 2 FMIPA juga dihadiri secara langsung dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bone Bolango, Andriean Andjar, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pendidikan yang berada di kabupaten Bone Bolango diyakini sudah memiliki keunggulan komparatif, tetapi masih perlu ditingkatkan lagi secara bertahap menjadi keunggulan kompetitif, sehingga dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu upaya untuk membangun keunggulan kompetitif mulai dari lingkup kelas seterusnya sekolah se kabupaten Bone Bolango.

Workshop tersebut diikuti oleh seluruh guru SMP Mata Pelajaran Matematika Se-Kabupaten Bone Bolango sebanyak 42 orang. Dalam kegiatan tersebut Guru Besar Jurusan Matematika, Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd., Prof Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd., Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd., serta Dosen-dosen Jurusan Matematika turun langsung untuk memberikan materi sekaligus akan menjadi kolaborator dalam kegiatan yang akan ditindaklanjuti sampai ke tahap publikasi bersama.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 10 - 13 Juli 2023. Hari pertama dilakukan di BPMP Provinsi Gorontalo, sedangkan untuk hari kedua akan dilakukan di Laboratorium Komputer FMIPA Universitas Negeri Gorontalo, serta 2 hari berikutnya adalah tugas mandiri terstruktur dalam merancang riset secara kolaboratif.[]

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023