Forest Watch Indonesia Gandeng FMIPA untuk Penelitian dan Magang Mahasiswa

Oleh: Jafar La Kilo . 11 Juli 2024 . 19:18:01

Kesepakatan kerja sama antara FMIPA Universitas Negeri Gorontalo dan FWI merupakan sebuah momentum dalam memperkuat iklim akademik dan sumberdaya manusia pada kedua institusi. Penegasan ini disampaikan oleh Dekan FMIPA UNG Dr Fitryane Lihawa, M.Si saat menghadiri undangan penandatanganan MoU antara FMIPA UNG dan FWI di Kantor FWI di Bogor pada Kamis, 11 Juli 2024. Pada kesempatan tersebut Dekan FMIPA UNG didampingi oleh Dr. Iswan Dunggio yang merupakan Kepala Pusat Penelitian Wallacea untuk Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Perubahan Iklim FMIPA UNG. Kerjasama antara FMIPA UNG dan FWI adalah kemitraan strategis yang memadukan keahlian akademis dan pengalaman lapangan untuk menciptakan dampak positif dalam masyarakat dan lingkungan. FMIPA UNG menyediakan sumber daya intelektual seperti penelitian, pendidikan, dan inovasi, sementara FWI membawa wawasan mendalam dan keterlibatan langsung dalam masalah-masalah sosial dan lingkungan. Kolaborasi ini tidak hanya memungkinkan pengembangan solusi inovatif dan pembuatan kebijakan yang didukung oleh bukti ilmiah, tetapi juga memperluas jaringan dan koneksi yang diperlukan untuk mencapai perubahan yang berkelanjutan dan berdampak besar. Perkumpulan FWI sebagai sebuah NGO yang memiliki pengalaman panjang dalam penelitian dan advokasi di lapangan siap membantu FMIPA UNG dalam memperkuat tridharma perguruan tinggi ungkap Direktur Eksekutif FWI Mufti Fathul Barri yang di dampingi oleh Anggi Putra Prayoga, Manager Campaign and MediaBeberapa kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan tersebut antara lain; FMIPA UNG akan mengirimkan mahasiswa untuk melakukan magang di FWI Bogor.

Magang bagi mahasiswa FMIPA di FWI memiliki berbagai manfaat yang signifikan yaitu mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung dalam lingkungan kerja, mengaplikasikan seluruh teori yang didapat selama kuliah, membangun jaringan profesional, memperluas peluang karir di masa depan, mengembangkan keterampilan praktis seperti komunikasi, kerja tim, dan pemecahan masalah, yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Pada kesempatan tersebut Dekan FMIPA Dr. Fitryane Lihawa, M.Si memberikan peluang kepada peneliti FWI untuk melakukan kerjasama penelitian dan publikasi ilmiah. FWI sendiri punya pengalaman yang panjang dalam publikasi ilmiah. Beberapa diantaranya menjadi bahan rujukan penyusunan kebijakan pemerintah terutama dalam mewujudkan tata kelola lingkungan hidup yang lebih baik.

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023