FMIPA dan BPS Provinsi Gorontalo Terus Perkuat Kerjasama

Oleh: Jafar La Kilo . 20 September 2023 . 20:36:45

Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan data statistik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) terus memperkuat kerjasamanya dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo. Salah satu wujud dari kerjasama ini adalah Pojok Statistik yang telah hadir di Perpustakaan Pusat UNG sejak tahun lalu, diluncurkan pada 7 Oktober 2022.

Pojok Statistik ini merupakan layanan kolaborasi antara BPS dan perguruan tinggi, bertujuan untuk meningkatkan literasi data statistik terutama di kalangan akademisi. Tidak hanya itu, program ini juga mendukung konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Dalam perayaan tahun kedua Pojok Statistik, BPS Provinsi Gorontalo baru saja melaksanakan rekrutmen Agen Statistik tahun 2023. Sebanyak 6 mahasiswa terpilih telah diresmikan dalam sebuah acara pengukuhan yang berlangsung hari ini, 20 September 2023, di Aula Fakultas MIPA UNG. Mereka diberi tanda pengalungan selempang sebagai Agen Statistik Yang Baru, menggantikan rekan-rekan mereka yang telah bertugas selama setahun.

Dalam acara ini, Dekan FMIPA Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si menggarisbawahi pentingnya data dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam perencanaan, pengambilan keputusan, dan evaluasi. Acara ini juga diisi dengan Kuliah Umum oleh Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Mukhamad Mukhanif, S.Si., M.Si yang membahas pentingnya literasi statistika dalam konteks teoritis dan praktis, serta kolaborasi antara BPS dan perguruan tinggi.

Kepala BPS juga menekankan bahwa keberadaan Agen Statistik dan Pojok Statistik di UNG adalah langkah penting untuk menyebarkan dan mempublikasikan data yang tersedia di BPS, baik secara offline maupun online. Data ini dapat diakses oleh semua pihak, termasuk akademisi, praktisi, dan masyarakat umum yang mengunjungi Perpustakaan UNG.

Partisipasi aktif mahasiswa dalam kuliah umum tersebut mendapat apresiasi, beberapa di antaranya bahkan mendapatkan door prize dari Kepala BPS. Kepala BPS juga mengucapkan terima kasih kepada para Agen Statistik yang telah bertugas selama setahun, berharap pengalaman mereka akan bermanfaat dalam meningkatkan literasi statistik di masyarakat secara lebih luas.

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023