Dekan FMIPA Pimpin Mahasiswa PPG beri Pelatihan di Desa Pantungo

Oleh: Jafar La Kilo . 9 April 2023 . 16:51:31

Dekan FMIPA UNG Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si membuka kegiatan Pelatihan Hidroponik bagi Masyarakat Desa Pantungo, Kec. Telaga Biru, Kab. Gorontalo yang diprakarsai oleh Mahasiswa PPG Prajabatan UNG Rumpun MIPA. Kegiatan yang berlangsung di Aula Desa Pantungo pada tanggal 9 April 2023 ini dihadiri oleh sejumlah masyarakat beserta pemangku kepentingan di desa, diantaranya Ketua Tim Penggerak PKK Desa, Wakil Ketua BPD, Kader Kesehatan, dan Ketua Karang Taruna. Pelatihan yang mengangkat tema “Pelatihan Hidroponik sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Kreatif” ini merupakan implementasi atas Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan yang telah diikuti oleh mahasiswa PPG Prajabatan sejak semester I.

Selaku Ketua Tim Dosen Pengampu Mata Kuliah, Prof. Astin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan ini merupakan keberlanjutan dari mata kuliah Proyek Kepemimpinan I yang diikuti mahasiswa pada semester I. “Pada mata kuliah Proyek Kepemimpinan II ini mahasiswa PPG berlatih untuk menerapkan berbagai teori kepemimpinan yang telah mereka pelajari, utamanya prinsip POAC (Planing, Organizing, Actuating dan Controling). Jadi para mahasiswa selain dididik untuk menjadi guru-guru profesional, mereka juga dipersiapkan untuk menjadi calon-calon pemimpin hebat di masa mendatang.” tegasnya. Selanjutnya dalam kaitan dengan pemilihan tema “Pelatihan Hidroponik” tersebut, beliau menjelaskan bahwa dalam penentuan jenis proyek, mahasiswa diarahkan untuk melaksanakan program kemitraan bersama masyarakat/desa dalam rangka melaksanakan “Ekonomi Hijau” dan “Penguatan Ketahanan Pangan Nasional”.

Kepala Desa Pantungo, Sofyan Gani, SE., dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagia atas program yang dibawakan oleh mahasiswa PPG Prajabatan UNG Rumpun MIPA tersebut. Beliau mengungkapkan rasa terima kasih dan bersama-sama BPD akan mengupayakan keberlanjutan dari program ini sebagai salah satu bentuk ekonomi kreatif desa. Masyarakat yang hadir terlihat sangat antusias menyimak materi pelatihan hingga mengikuti pembimbingan dalam kelompok-kelompok kecil tentang teknis penyemaian bibit, instalasi hidroponik hingga pemantauan progres pertumbuhan.

Kelompok mahasiswa PPG yang menjadi pelaksana kegiatan ini adalah mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2022 LPTK Universitas Negeri Gorontalo.

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023