Astronaut Arab Saudi Tantang Dosen Fisika UNG Buat Aplikasi Arah Kiblat dan Waktu Sholat di Luar Angkasa

Oleh: Jafar La Kilo . 9 Oktober 2024 . 14:16:38

Andi Muhammad Akhyar, Dosen Fisika FMIPA UNG, mempresentasikan poster dengan topik Islamic Astronomy (Astronomi Islam) pada acara WORLD SPACE WEEK 2024 atau pekan angkasa dunia 2024 yang diselenggarakan pada 7-8 Oktober 2024 di King Faisal Conference Center King Abdulaziz University (KAU), Arab Saudi.

Space Week merupakan ajang presentasi gagasan/hasil penelitian astronomi sekaligus memperkenalkan astronomi kepada masyarakat umum. Pada hari pertama, hadir astronaut wanita pertama dunia Arab bernama Rayyana Barnawi beserta Profesor, Doktor, dan para pejabat kampus KAU. Rayyana diundang untuk menceritakan pengalamannya saat terbang keluar angkasa pada Mei 2023 yang lalu.

Akhyar yang merupakan mahasiswa program Doktor Astronomi di kampus tersebut mempresentasikan sekaligus mempromosikan Astronomi Islam dihadapan Astronaut dan peserta yang hadir. Beliau menjelaskan bahwa Astronomi Islam merupakan kajian Astronomi yang terkait dengan Ibadah dalam syariat Islam.

"Setidaknya, ada empat pokok bahasan dalam Astronomi Islam, yaitu penentuan arah kiblat, waktu-waktu salat, bulan -bulan Islam, dan Ibadah saat gerhana", jelas Akhyar.

Peserta yang hadir memberikan tanggapan positif dan mengapresiasi penampilan dosen Fiska UNG tersebut. Ini dibuktikan dengan antusiasme peserta untuk mendengarkan presentasi dan bertanya setelahnya. Salah satu yang memberikan tanggapan adalah astronaut wanita Arab Saudi Rayyana Barnawi. Beliau menekankan pentingnya pembuatan aplikasi arah kiblat dan waktu sholat bagi para astronaut saat mereka di luar angkasa.

Akhyar yang dikonfirmasi setelah kegiatan merasa senang bisa mempresentasikan dan mempromosikan Astronomi Islam di hadapan Astronaut, ilmuan, dan masyarakat umum. "Semoga Allah terima sebagai amal ibadah dan berkahi agar bermanfaat untuk umat dan bangsa", harap beliau.

Agenda

27 September 2024

Dies Natalis FMIPA Ke-61

Dies Natalis FMIPA Universitas Negeri Gorontalo ke-61. Diisi dengan berbagai kegiatan menarik

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020