Workshop Merdeka Belajar, WR I: Kerjasama adalah Faktor Kunci Suksesnya Merdeka Belajar

Oleh: Kostiawan Sukamto . 26 Juni 2020 . 09:06:33

Menyongsong diberlakukannya kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka, FMIPA melakukan berbagai persiapan untuk suksesnya penerapan kurikulum tersebut. Salah satunya dengan menyelenggarakan Workshop Rekonstruksi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada Kamis 25 Juni 2020.

Menurut ketua panitia pelaksana, Prof. Dr. Novri Kandowangko, M.Si, workshop ini adalah salah satu langkah untuk menyamakan persepsi terkait dengan kurikukum merdeka belajar-kampus merdeka sebelum dilimpahkan ke program studi yang ada di lingkungan FMIPA.

"Workshop ini untuk penyamaan persepsi dan akan ditindaklanjuti di prodi masing-masing," Ungkapnya.

Beliau menambahkan, "Pada pekan ke-2 Juli, kita akan finalisasi kurikukum merdeka belajar untuk diaplikasikan di lingkungan Fakultas MIPA."

Menyambung yang disampaikan Prof. Novri, dalam sambutannya, dekan FMIPA, Prof. Astin Lukum, M. Si menegaskan bahwa kurikulum merdeka belajar akan dilaksanakan mulai semester depan.

"Untuk implementasi, maka perlu semua warga FMIPA duduk bersama bagaimana pelaksanaan hak belajar mahasiswa diluar program studi," Tegas dekan.

Dekan juga berharap, kurikulum yang dirancang oleh program studi di lingkungan FMIPA sudah rampung dalam waktu dua pekan.

"Dua pekan kedepan Program Studi di FMIPA menghasilkan output yang akan dijadikan landasan pelaksanaan kurikulum merdeka belajar," Harapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Gorontalo, Dr. Harto Malik, M. Hum dalam sambutannya menegaskan pentingnya peran fakultas dalam menyusun konsep kurikulum merdeka belajar. Menurutnya, selain universitas, fakultas juga memiliki peran penting dalam penyusunan kurikulum ini.

"Peran fakultas adalah memfasilitasi menyiapkan mata kuliah, termasuk menyiapkan tiga mata kuliah LPTK untuk di-daring-kan," Katanya.

Selain itu, dalam workshop yang digelar di Kampus 4 Bone Bolango ini, beliau juga menekankan kepada setiap program studi untuk menjalin kerjasama dengan kampus lain melalui asosiasi program studi masing-masing.

"Yang terpenting juga dari program merdeka belajar adalah kerjasama, setiap prodi sudah mulai berkomunikasi dengan program studi yang sama dari universitas lain dengan memanfaatkan asosiasi," Tegas WR I. []

Agenda

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023

14 - 22 November 2019

PEMILIHAN DEKAN 2019-2023

Pemilihan Dekan FMIPA Periode 2019-2023

8 Mei 2018

PELAKSANAAN UJIAN TERTULIS SBMPTN

TEMPAT : Beberapa ruang Kuliah di Lingkungan UNG