Pembukaan Musyawarah Wilayah ke 6 IKAHIMATIKA Tahun 2015

Oleh: Tedy Machmud . 21 Oktober 2015 . 13:06:00

Himpunan mahasiswa matematika FMIPA UNG menjadi tuan rumah pelaksanaan Musyawarah Wilayah (MUSWIL) ke 6 Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (IKAHIMATIKA). Musyawarah Wilayah diikuti oleh perwakilan IKAHIMATIKA dari perguruan tinggi di Sulawesi, Maluku dan Papua. Kegiatan Muswil dilaksanakan dari tanggal 21 s.d. 23 Oktober 2015 dan dibuka langsung oleh Rektor UNG pada Rabu, 21 Oktober 2015.

Pembukaan Muswil ini dihadiri oleh utusan dari Himpunan Mahasiswa Matematika wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua, juga dihadiri oleh pimpinan fakultas, dosen dan mahasiswa dan para alumni matematika di lingkungan Fakultas MIPA UNG.

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu menyampaikan bahwa sudah menjadi persoalan klasik matematika selalu dianggap sulit oleh sebagian orang, ini menjadi tantangan dan persoalan yang juga harus dihadapi dan dijawab oleh Himpunan Mahasiswa Matematika. Himpunan Mahasiswa Matematika diharapkan dapat berkontribusi secara nyata dalam menjawab persoalan dalam pendidikan matematika sebagaimana tema yang diangkat melalui Muswil ini yakni “Reformulasi IKAHIMATIKA dalam Menghadapi Kemajuan IPTEK dari Timur Indonesia”

Menurut Rektor, Matematika disamping sebagai ratu ilmu dan sebagai bahasa universal hendaknya tidak cukup menjadikan mahasiswa matematika menjadi excelence saja, tetapi hendaknya juga menjadi seorang leader (pemimpin). Matematika sesungguhnya sarat dengan nilai-nilai karakter antara lain disiplin, rasional, jujur dan memiliki komitmen. Mahasiswa sebagai matematikawan hendaknya memiliki nilai-nilai ini. Nilai-nilai ini sangat dibutuhkan ketika seseorang menjadi seorang pemimpin. Dengan menukil pendapat Presiden Abraham Lincoln, rektor menegaskan bahwa “karakter seseorang akan terlihat ketika ia sedang berkuasa (menjadi pemimpin)”, oleh karena itu rektor berpesan agar para mahasiswa sebagai seorang matematikawan hendaknya selalu mengedepankan karakter dan jatidiri yang baik dalam segala aktifitasnya pada setiap waktu dan kesempatan dimanapun berada.

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023