Jurusan Biologi FMIPA sulap Desa Torosiaje jadi Lab Alam

Oleh: Fahmid Bahsoan . 25 Oktober 2013 . 15:43:43

FMIPA – Desa Torosiaje adalah salah satu pemukiman Suku Bajo yang ada di Kecamatan Popayato. Pemukiman yang memiliki keunikan tersendiri yakni sebuah kampung yang berdiri diatas laut tersebut menjadi perkampungan wisata yang elok di Provinsi Gorontalo. Tak hanya sekedar untuk tujuan wisata, Torosiaje juga menjadi tempat belajar serta penelitian oleh mahasiswa dan dosen Jurusan Biologi Fakultas MIPA UNG. Perkampungan yang berjarak ±300 KM dari Kampus Merah Maron ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan Jurusan Biologi. Prof. Dr. Ramli Utina yang juga salah satu dosen di Jurusan Biologi sudah sering melakukan penelitian dengan mahasiswa serta melaksanakan kegiatan-kegiatan seminar di Desa yang berdiri sejak tahun 1901 ini.

Kamis, 24 Oktober 2013, Desa ini telah diresmikan oleh Rektor UNG, Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd menjadi Lab Alam, dan diperuntukkan bagi semua mahasiswa UNG, khususnya Jurusan Biologi Fakultas MIPA UNG. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Pimpinan UNG, Pemerintah setempat, serta seluruh mahasiswa KKS Jurusan Biologi FMIPA.

Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, selaku Dekan Fakultas MIPA mengatakan bahwa Lab Alam ini agar supaya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya sampai pada acara seremonial seperti ini, tapi menjadi tempat belajar serta untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya untuk mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas MIPA. Apalagi beberapa tahun belakangan, mahasiswa serta dosen-dosen Jurusan Biologi melakukan pengabdian dan penelitian di Desa Torosiaje ini.

Pada awal September 2013, Jurusan Biologi juga mengadakan kegiatan yang spektakuler, yakni penanaman Mangrove di perairan Torosiaje sebanyak 5.000 pohon selama 50 menit, yang di ikuti oleh mahasiswa Jurusan Biologi, Dosen, serta warga setempat. Kegiatan pelestarian lingkungan ini menjadi salah satu kado pada Ulang TahunEmasUNG.

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023