HMPS Fisika Rambah Lopo Sebagai Desa Binaan

Oleh: Jafar La Kilo . 12 September 2021 . 13:54:56

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fisika menyelenggarakan Program Pembinaan dan Pemberdayaan Desa   dengan Tema "Bergerak Bersama dalam Berkarya, Berinovasi dan Peduli Lingkungan" di Desa Lopo, Kec. Batudaa Pantai, Sabtu (11/9).

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Desa Lopo ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Fisika Dewi Diana Paramata, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa HMPS dan berharap kegiatan tersebut tetap berlanjut sampai benar-benar sesuai tujuannya untuk mewujudkan masyarakat menciptakan inovasi baru dalam mendaur ulang sampah.

"Saya berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan hari ini saja, tetapi terus dilanjutkan sampai benar-benar masyarakat bisa merasakan manfaat dari kegiatan ini yaitu desa ini terbebas dari permasalahan sampah dan masyarakat mampu mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi bahkan sampai menciptakan usaha kerajinan dan olahan lainnya yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Lopo," Paparnya.

Kegiatan ini juga disambut baik oleh Sekretaris Desa Lopo, Bapak Zulpical Bumulo, S.HI.

"Saya mewakili pemerintah dan masyarakat Desa Lopo menyampaikan terimaksih yang setinggi-tingginya karena telah memilih dan mempercayakan Desa kami sebagai tempat melaksanakan kegiatan ini, harapan kami semoga melalui kegiatan ini dapat menciptakan wirausahawan sehingga meningkatkan perekonomian masayarakat desa," Akunya.

Beliau juga menambahkan, "Menjadi ketertarikan kami dari kegiatan ini adalah pelatihan mengolah plastik menjadi bahan bakar minyak karena mengingat Desa Lopo ini adalalah Desa nelayan, sehingga BBM ini merupakan kebutuhan utama nelayan kami dalam melaut. Semoga kami bisa menciptakan sendiri BBM dari sampah plastik".

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Jurusan Fisika Bapak Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd., M.Sc; Ketua Prodi Fisika Ibu Dr. Trisnawaty J. Buhungo, M.Pd; Ketua Prodi Pendidikan Fisika Ibu Supartin, S.Pd., M.Pd; Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Idawati Supu, S.Si., M.Si.

Kegiatan yang juga salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Negeri Gorontaloini ini dirangkaikan dengan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis (oleh dr. Zulaika F. Asikin, M.Kes bersama Tim) kepada masyarakat Desa Lopo dan semua peserta kegiatan, seperti pemerikasaan gula darah, tes asam urat, Tekanan darah.[]

Agenda

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023

14 - 22 November 2019

PEMILIHAN DEKAN 2019-2023

Pemilihan Dekan FMIPA Periode 2019-2023