Hadirkan 2 Pakar, Prodi Matematika Sukses Gelar Webinar Pemodelan Matematika

Oleh: Kostiawan Sukamto . 27 Juni 2020 . 19:47:04

Seminar berbasis web (webinar) menjadi trend sejak Pandemik Covid-19 melanda dunia. Forum-forum ilmiah yang biasanya diselenggarakan secara seremonial di tempat tertentu baik nasional maupun internasional, kini dapat dilaksanakan daring melalui berbagai aplikasi video conference.

Tingginya animo berbagai pihak untuk mengikuti webinar mendorong Program Studi Matematika, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo menyelenggarakan kegiatan serupa, Sabtu, 27 Juni 2020.

Kegiatan yang mengusung, “Prospek Riset dalam Bidang Pemodelan Matematika Biologi” ini menghadirkan dua pembicara yang merupakan pakar dalam bidang pemodelan matematika, yaitu Prof. Dr. Agus Suryanto, M.Sc dan Meksianis Zadrak Ndii, Ph.D, masing-masing merupakan guru besar pemodelan matematika biologi Universitas Brawijaya dan pakar Pemodelan Matematika Bidang Epidemiologi Universitas Nusa Cendana.

Peserta yang mengikuti kegiatan yang diselengarakan secara daring ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tercatat 1122 peserta dari kalangan mahasiswa, guru dan dosen dari berbagai Perguruan Tinggi yang mendaftar sejak dibukanya form registrasi hingga hari pelaksanaan kegiatan.

Webinar yang dapat disaksikan secara live melalui channel youtube Prodi Matematika UN Gorontalo ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas MIPA UNG, Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si.

Dalam sambutannya, Prof. Astin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini terutama kepada kedua pemateri yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dalam pengembangan riset di Indonesia. Beliau juga mengharapkan agar kerjasama seperti ini terus terjalin guna meningkatkan kualitas dan kesetaraan pendidikan di Indonesia khususnya dibidang Matematika.

Webinar dipandu langsung oleh dosen Prodi matematika, FMIPA UNG, Hasan S. Panigoro, M.Si, yang juga mahasiswa Program Doktor dibidang Pemodelan Matematika.

Meksianis Zadrak Ndii, Ph.D tampil sebagai pembicara pertama membahas topik tentang “Potensi Penelitian Pemodelan Matematika dalam Masalah-Masalah Epidemiologi”. MZ Ndii menjabarkan secara detail bagaimana fenomena kompleks disekitar kita direpresentasikan dalam model matematika dan ditemukan selusinya. Lebih khusus, MZ Ndii membahas tentang persamaan diferensial yang banyak digunakan untuk merepresentasikan fenomena penularan penyakit.

Sementara itu, Prof. Agus Suryanto, M.Sc yang tampil sebagai pembicara kedua, membahas “Peluang dan Tantangan Penelitian Model Dinamika Populasi Orde Fraksional”. Prof. Agus menyampaikan berbagai jenis model yang telah digunakan dalam masalah-masalah yang berkaitan dengan dinamika poipulasi. Lebih lanjut, beliau menjelaskan pengembangan model dalam bentuk orde fraksional yang hingga saat ini belum begitu banyak yang menekuninya.

Ketua Program Studi Matematika, FMIPA UNG, Resmawan, M,Si berharap webinar ini dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas dan kuantitas riset di bidang pemodelan matematika yang selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan untuk mengatasi berbagai persoalan disekitar kita.Bagi yang ingin menyaksikan rekaman webinar, silahkan mengakses channel youtube Prodi Matematika UN Gorontalo.[]

Agenda

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023

14 - 22 November 2019

PEMILIHAN DEKAN 2019-2023

Pemilihan Dekan FMIPA Periode 2019-2023

8 Mei 2018

PELAKSANAAN UJIAN TERTULIS SBMPTN

TEMPAT : Beberapa ruang Kuliah di Lingkungan UNG