FMIPA UNG niat kembangkan Desa Lonuo sebagai Kawasan Industri Bioetanol

Oleh: Jafar La Kilo . 30 Maret 2022 . 13:49:20

Dekan FMIPA Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si berniat mengembangkan industri bioetanol di Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. Hal ini diungkapkan dekan dalam sambutannya saat melaunching kegiatan KKN-T MBKM yang diselenggarakan oleh mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA, Rabu 30 Maret 2022.

"Keberadaan pohon nira di Desa Lonuo memiliki potensinya besar untuk dikembangkan sebagai bioetanol. Kedepan, cita-cita kami adalah Desa Lonuo, Bone Bolango ini menjadi kawasan industri bioetanol di Gorontalo," Ungkapnya.

Dekan yang juga direktur LPPOM MUI Provinsi Gorontalo ini berharap Bioetanol yang dihasilkan dari Desa Lonuo bisa mensuplai kebutuhan alkohol di rumah sakit dan laboratorium yang ada di Provinsi Gorontalo.

"Jika sudah dibangun industri, bioetanol yg dihasilkan dari desa Lonuo bisa mensuplai kebutuhan etanol di Rumah Sakit dan laboratorium di Gorontalo," tegasnya.

Pernyataan dekan dalam kegiatan yang bertajuk Pengembangan Potensi UKM Desa Lonuo Berbasis Bahan Lokal (pohon nira) untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat ini Mendapat Sambutan Baik dari Pemerintah Bone Bolango.

"Kami sangat berterima kasih dengan adanya mahasiswa KKN dari FMIPA UNG. Selama ini banyak petani aren memanfaatkan nira sebagai cap tikus (minuman beralkohol-red). Kami berharap mahasiswa KKN bisa mengubah mindset masyarakat agar dapat menjadikan nira sebagai sumber bioetanol. Selain itu, saya harap program KKN-T MBKM mahasiswa Jurusan Kimia ini dapat memproduksi dan memasarkan bioetanol dengan baik," Tegas Kabid Perindustrian Dinas Perindagkop Kabuoaten Bone Bolango Widyawati Mokoagow dalam kegiatan yang digelar di Kantor Desa Lonuo.

Program KKN-T MBKM mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA akan brlangsung selama 4 bulan.[]

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023