Dr. Ir. Fadel Muhammad : Diseminasi Pemanfaatan Informasi Geospasial untuk Mendukung Pembangunan Daerah secara Tepat dan Akurat

Oleh: Muhammad Rezky Friesta Payu . 26 April 2018 . 20:00:00

FMIPA UNG – Komisi VII DPR RI, Dr. Ir Fadel Muhammad di FMIPA bersama 7 orang lainnya dari Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan kunjungan dan pertemuan di FMIPA-UNG khususnya di jurusan ITK Rabu (25/04/18) kemarin. Dalam penyampaiannya, Fadel menuturkan bahwa selama ini UNG telah bekerjasama dengan BIG tetapi belum ada wujud pelaksanaan kerjasama tersebut yang bersifat melembaga karena sejauh ini baru sekedar penelitian yang dilakukan oleh orang per orang. Beliau mengharapkan agar BIG dapat memberikan Drawn untuk memetakan Provinsi Gorontalo agar dapat melihat mana saja daerah yang dapat dijadikan daerah pertanian, daerah pemukiman dan sebagainya. Sebagai tindak lanjut, FMIPA dapat menyurat ke BIG untuk meminta Drawn beserta perlengkapannya dan tembusan kepada Komisi VII DPR RI.Hal ini tentunya sangat penting bagi Fakultas MIPA karena bisa memberikan kontribusi FMIPA kepada daerah. “Sebagai contoh saat ini tentunya dengan keadaan cuaca yang kurang bersahabat tentunya menyebabkan banjir di beberapa titik di daerah Gorontalo, sehingga dengan adanya Drawn ini, FMIPA dapat menyampaikan kepada PEMDA tentang daerah mana saja yang tidak bisa dijadikan hunian bagi masyarakat, serta dapat memberikan solusi melalui penelitiannya”, ungkap Fadel.

Kujungan tersebut mendapat apresiasi yang luar biasa dari FMIPA-UNG karena tentunya dapat menambah motivasi bagi mahasiswa FMIPA khususnya jurusan ITK dalam melaksanakan tridharma PT, terutama menggalakan kepeduliannya terhadap penataan lingkungan yang baik sebagaimana harapan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI . Selain itu, beberapa mahasiswa diminta untuk magang di BIG, dengan pembiayaan oleh BIG itu sendiri, juga BIG akan memberikan Laboratorium yang akan digunakan oleh Jurusan ITK. Hal ini semoga dapat meningkatkan kualitas jurusan ITK walaupun sudah terakreditasi A, tambah Evi Hulukati.

Agenda

13 - 14 Oktober 2022

ICOSMED 2022

International Conference on Sciences, Mathematics and Education

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023