Anggota DPR RI: Mahasiswa FMIPA UNG Harus Pandai Ciptakan Peluang Usaha

Oleh: Jafar La Kilo . 30 Agustus 2021 . 13:28:51

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo kembali menggelar kuliah umum, Senin 30 Agustus 2021.

Kegiatan yang mengusung tema Inovatif Menciptakan Peluang Enterpreneur Untuk Masa Depan Unggul dan Berdaya Saing ini dibuka langsung oleh dekan FMIPA Prof. Astin Lukum, M.Si.

"Mahasiswa FMIPA jangan selalu berharap jadi Pegawai Negeri Sipil. Harus mampu menciptakan lapangan kerja," Harap dekan dalam sambutannya saat membuka acara.

Beliau menambahkan, "Mahasiswa FMIPA tidak hanya belajar ilmu sesuai bidang keahliannya selama empat tahun, tetapi hatus mampu mengembangkan keterampilan softskill-nya, selain jadi ilmuwan juga menjadi wirausahawan."

Kuliah Umum yang digelar virtual melalui platform Zoom Meeting ini menghadirkan pemateri Anggota DPR RI Dra. H. Idah Syahidah Rusli Habibie, MH.

Anggota Komisi VIIIl yang membidangi Agama, Sosial, Kebencanaan dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini memaparkan materi seputar Kreatif dan Inovatif Melalui Kewirausahaan Peluang untuk Menciptakan Masa Depan Unggul dan Berdaya Saing. Selain itu beliau juga menyinggung konsep empat pilar kebangsaan.

Menurut Idah, pengangguran masih menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia."Bahkan salah satu penyumbang terbesar pengangguran di Indonesia adalah lulusan sarjana," Ungkapnya.

Untuk mengatasi pengangguran, peran orang tua sangat dibutuhkan, "Orang tua dan dunia pendidikan berperan dalam menciptakan generasi muda yang unggul dan berdaya saing dalam melanjutkan pembangunan," Lanjutnya.

Di bangku kuliah, Mahasiswa hendaknya tidak sekedar belajar tetapi juga harus pandai ciptakan peluang usaha.

"Mahasiswa harus mampu meningkatkan kreatifitas dan inovasi untuk menciptakan peluang usaha," Imbuhnya.

Diakhir materinya, Bunda PAUD Provinsi Gorontalo ini menyampaikan bahwa kewirausahaan adalah wujud empat pilar kebangsaan."Kita mengembangkan usaha dengan menerapkan nilai-nilai pancasila sebagai bagian dari empat pilar kebangsaan," Tutupnya.

Mahasiswa FMIPA sangat antusias mengikuti kegiatan yang dimoderatori langsung oleh Ketua Jurusan Biologi Dr. Lilan Dama, M.Pd. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti live zoom meeting mencapai 1000 partisipan. Selain itu, ratusan peserta lainnya mengikuti live streaming youtube.[]

 

 

Agenda

13 Maret 2021

Temu Alumni FMIPA UNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo mempersembahkan "Temu Alumni FMIPA UNG 2021" dengan tema "Berkumpul Berkisah untuk FMIPA Unggul dan Berdaya Saing".

Kegiatan Temu Alumni FMIPA UNG akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Maret 2021

Pukul: 08.00 WITA - Selesai

Platform: Zoom Meeting

9 April 2020

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia .Tema: Merdeka Belajar Kimia dan Sains 4.0 dalam Mencapai Pembangunan Unggul dan Berbudaya di Kawasan Teluk Tomini.

Link Pendaftaran: http://bit.ly/snkpk2l2020

19 November 2019

SIDANG SENAT TERBUKA

Sidang Senat Terbuka Penetapan Calon dan Nomor Urut Calon Dekan FMIPA Periode 2019-2023

14 - 22 November 2019

PEMILIHAN DEKAN 2019-2023

Pemilihan Dekan FMIPA Periode 2019-2023